Text Widget

5 Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur – Beternak lovebird adalah sebuah kebahagiaan tersendiri bagi kicau mania pencinta lovebird. Buru...


Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur – Beternak lovebird adalah sebuah kebahagiaan tersendiri bagi kicau mania pencinta lovebird. Burung lovebird adalah burung cerdas yang memiliki berbagai macam warna yang disukai banyak orang. Burung kicau ini apabila sudah terlatih memiliki suara ngekek yang panjang.


Seperti lovebird legenda yang kematiannya viral beberapa waktu yang lalu. Yaitu lovebird Kusumo, yang bisa ngekek hingga mencapai durasi 3 menit dan sudah memenangkan 400 kali lomba.

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur tentu saja harus dipelajari agar cepat menghasilkan anakan lovebird. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara ternak lovebird agar cepat bertelur dan menghasilkan untuk pemula.

Berikut ini adalah 5 cara ternak lovebird agar cepat bertelur.

 

1. Menyiapkan Kandang Lovebird


Bila sobat ingin beternak dengan kandang yang berukuran besar dan didalamnya ada beberapa pasang lovebird maka siapkan kandang koloni. Taruh beberapa glodok didalamnya. Apabila lovebird sobat ada 5 pasang maka taruh 6-7 glodok didalamnya. Mengapa glodoknya harus lebih banyak? Karena pengalaman saya ada beberapa induk lovebird betina yang ingin menguasai 2 glodok, tidak memperbolehkan lovebird lain berada didalam 2 glodok tersebut.
Bila sobat ingin beternak dengan kandang besi berukuran kecil yang hanya untuk sepasang lovebird maka siapkanlah terlebih dahulu kandangnya. Kemudian taruh 1 glodok didalamnya.
Glodok bisa sobat buat sendiri atau membeli ditoko burung yang menyediakan glodok lovebird. Untuk membuatnya bisa dari papan atau triplek tebal.
Jangan lupa taruh ranting-ranting kering yang kecil, serut-serut kayu yang bisa sobat minta di meubel kayu terdekat, dan daun-daun kering disekitar glodok. Apabila lovebird sudah mau bertelur maka akan membuat sarang sendiri dari bahan-bahan yang sudah kita siapkan tadi.

2. Siapkan Sepasang lovebird yang sehat dan berkualitas


Untuk kandang koloni maka sobat harus menyiapkan beberapa pasang lovebird yang sehat dan berkualitas. Untuk kandang kecil siapkan satu pasang lovebird yang sehat dan berkualitas.
Sobat bisa memilih lovebird berdasarkan warnanya. Karena harga jual lovebird tergantung dari warna juga. Untuk satu pasang lovebird pilih warna yang berbeda agar bisa menghasilkan lovebird beberapa macam warna. Selain itu sobat juga bisa memilih indukan lovebird dari lovebird yang ngekek panjang dan sering menang lomba kicau.
Usahakan mencari lovebird jantan yang usianya lebih tua daripada lovebird betina agar lovebird jantan bisa mendominasi didalam kandang. Karena kalau lovebird betina lebih tua, biasanya lovebird jantan takut kepada lovebird betina.

Cari lovebird baik yang jantan maupun betina yang usianya diatas 8 bulan agar tidak terlalu lama menunggu lovebird siap kawin. Bahkan ada lovebird yang siap kawin diatas usia 1 tahun.

 

3. Berikan Lovebird Makanan Penambah Birahi


Kangkung adalah jenis makanan penambah birahi untuk lovebird. Berikan kangkung yang sudah dicincang kecil-kecil kepada lovebird 2 hari sekali. Jangan berikan kangkung yang belum dicincang, karena lovebird akan membawanya kedalam sarang yang dapat menyebabkan kangkung membusuk dan membuat lembab didalam sarang. Apabila lovebird sudah bertelur maka kangkung yang busuk akan berbahaya sekali buat telur tersebut.

Selain itu berikan juga secara rutin makanan untuk lovebird seperti tauge, biji bunga matahari, milet, biji sawi, jagung muda, dan benih kenari. Makanan ini tidaklah wajib, apabila mudah mencarinya saja. Kalau susah mencarinya, lebih baik tidak usah. Yang wajib hanyalah kangkung.

4. Sering Pantau Kandang Lovebird


Sering-seringlah untuk memantau kandang lovebird dari jarak yang cukup jauh. Perhatikan satu persatu lovebird sobat. Kalau lovebird sudah siap kawin, maka akan mencari pasangan masing-masing. Lovebird yang siap kawin memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Lovebird Betina: lovebird betina apabila sudah siap kawin maka akan merentangkan sayapnya sambil duduk dan mengangkat ekornya. Apalagi jika didekatnya ada lovebird jantan.

Lovebird Jantan: lovebird jantan yang sudah siap kawin akan sering terlihat menggosok-gosokkan pantatnya pada sangkar.

Pada kandang koloni, lovebird ini akan mencari pasangannya sendiri. Tetapi kalau sobat pada waktu membelinya sudah berpasangan, maka mereka tidak akan mencari pasangan lain.

Pada kandang kecil, lovebird yang sudah siap kawin akan saling mendekati dan menjalin hubungan apabila mereka sudah cocok satu sama lainnya.

 

5. Lovebird Terlihat Kawin, Tinggal Tunggu Telurnya


Apabila pada saat memantau kandang sobat melihat lovebird kawin, maka sobat tinggal menunggu satu atau dua minggu saja. Lovebird tersebut akan bertelur. Jarak telur lovebird keluar satu atau dua hari bahkan ada yang mencapai 3 atau 4 hari.
Apabila telur sudah keluar semua, maka lovebird betina akan jarang sekali terlihat keluar glodok karena sudah mulai mengerami. Dan lovebird jantan akan menyuapi lovebird betina sebagai bentuk perhatian kepada pasangannya.
Jangan terlalu sering melihat kedalam glodok, karena dapat menyebabkan lovebird stress dan memecahkan semua telurnya.

Itulah 5 cara ternak lovebird agar cepat bertelur dan menghasilkan bagi pemula. Semoga artikel ini bisa membantu sobat kicau mania yang saat ini sedang menekuni bisnis penangkaran lovebird.

COMMENTS

Nama

Beternak Kenari,1,Cara Beternak Kenari,1,Cara Menjodohkan Kenari,1,Cara Menjodohkan Kenari Dengan Cepat,1,Kenari,1,Lovebird,4,
ltr
item
Informasi Seputar Burung: 5 Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur
5 Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur
https://4.bp.blogspot.com/-UMD_2PLHgYU/XAQR87Ss9II/AAAAAAAABEk/Ie49UrEUkzAW-SChV1Stefg5-mB2LXk2gCLcBGAs/s400/cara%2Bternak%2Blovebird%2Bagar%2Bcepat%2Bbertelur.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-UMD_2PLHgYU/XAQR87Ss9II/AAAAAAAABEk/Ie49UrEUkzAW-SChV1Stefg5-mB2LXk2gCLcBGAs/s72-c/cara%2Bternak%2Blovebird%2Bagar%2Bcepat%2Bbertelur.jpg
Informasi Seputar Burung
https://trik-burung.blogspot.com/2018/12/5-cara-ternak-lovebird-agar-cepat.html
https://trik-burung.blogspot.com/
https://trik-burung.blogspot.com/
https://trik-burung.blogspot.com/2018/12/5-cara-ternak-lovebird-agar-cepat.html
true
58088712114588325
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy